Skatepunk : Musik yang Menggabungkan Skateboard dengan Punk Rock

Skatepunk : Musik yang Menggabungkan Skateboard dengan Punk Rock

"Skateboarding itu olahraga, gaya hidup, dan salah satu bentuk seni, sehingga ia bisa menjelma menjadi musik, fashion, dan entertainment," ucap salah seorang legenda skateboard, Tony Hawk.

Ada benarnya ucapan Tony Hawk tersebut. Sadar nggak sadar, udah banyak hal yang disumbang skateboard ke dunia ini. Siapa sih yang nggak kenal dengan DC Shoes atau Dickies? Sekarang yang menggunakan brand tersebut udah bukan hanya para skateboarder.

Begitu pun musik. Hampir segala hal tentang skateboard selalu melibatkan musik. Entah itu dalam video skate di YouTube, kompetisi, toko skate, atau hanya sekumpulan remaja yang main skate di lapangan, semuanya diiringi musik. Entah kebetulan atau nggak, Go Skateboarding Day juga berbarengan dengan World Music Day, 21 Juni. Tidak jarang juga video klip diiringi adegan skateboard.


Dan akhirnya lahirlah “skate punk”

Hubungan skateboard dengan musik sangatlah erat, saking eratnya lahirlah sebuah genre yang menggabungkan dua kultur ini. Namanya skate punk!

Skate punk adalah sub-kultur dari skateboard dan subgenre dari musik punk rock. Subgenre ini lahir di tahun 80an dan populer banget di kalangan para skater. Katanya sih, lagu-lagunya enak buat ngiringin main. Skate punk ini adalah hardcore punk yang lebih melodic, dengan sedikit unsur fun dari pop punk. Temponya juga cepet banget,bisa sampai 270 beat per menit!

Suicidal Tendencies, salah satu angkatan pertama skate punk yang paling populer.

Band-band seperti The Big Boys, JFA, dan Suicidal Tendencies dibilang adalah pionir dari subgenre ini. Selain mereka, Agression, Drunk Injuns, RKL, Gang Green, NOFX, McRad, The Black Athletes, Tales of Terror, Stalag 13, Hogan's Heroes, dan The Faction juga disebut sebagai generasi pertama subgenre ini. Mereka semua lahir di tahun 1980-an awal, para personelnya mayoritas skater, dan berangkat dari kultur hardcore punk.

Subgenre ini sebenarnya lahir bukan cuma buat ngiringin bermain skate aja. Skate punk punya jasa cukup besar buat dunia skateboarding. "Dulu, bikin skate band itu berat banget karena skateboarding saat itu 'mati' dan kamu harus punya alasan kuat buat bawain skate punk karena nggak keren," kata Don dari JFA dalam sebuah review,

Dikutip dari Allmusic, band-band yang disebut di atas juga jadi jembatan yang menyatukan musik punk dengan kultur skateboard. Hebat ya?

img-1549871991.jpg

NOFX, salah satu band skate punk yang besar di era 90-an


Perubahan di era 90-an

Pada tahun 1990-an, ada perubahan di musik skate punk. Musik yang awalnya kental sama unsur hardcore punk ini mulai "melunak". Unsur pop punk lebih mendominasi skate punk 1990-an. Hasilnya, skate punk generasi kedua ini jauh lebih populer. Band-band seperti NOFX, Lagwagon,Guttermouth,No Use for a Name, Blink-182, Face to Face, Slick Shoes, MxPx,The Offspring, dan Pennywise sering kedengeran di radio. Album Smash Mouth dari The Offspring malah meledak berat di publik.

Skate punk makin merajalela di tahun 1990-an berkat “Vans Warped Tour” Puncaknya di tahun 1997 tuh. Vans Warped Tour tahun segitu udah kayak "Skate Punk Festival". Line-up-nya ada Descendents, The Faction, Lagwagon, The Suicide Machines, SNFU, Pennywise, face to face, Millencolin, The Offspring, Bones Brigade dan The Bouncing Souls! Skate ramp juga disediakan di sekitar venue. Para skater pun berdatangan.

"Nggak ada yang mau lihat skateboard amatir kecuali dikasih festival musik besar," cerita Kevin Lyman, founder warped tour, ketika menawarkan konsepnya ke Vans. "Dan mereka memberikan saya cek sebesar $300.000," lanjutnya.

img-1549872185.jpg


Back to basic

Memasuki era milenium ini, banyak band skate punk baru yang mengambil inspirasi dari generasi pertama skate punk. Beberapa di antara mereka yang terkenal adalah Wavves, Audacity, FIDLAR, dan The Orwells.

img-1549872259.jpg

"Saya percaya kepada kultur skate dan punk rock. Mereka hampir seperti aspek religius saya," papar Zac dari FIDLAR.

Oke, cukup deh pengenalan soal skate punk-nya. Nanti kita bahas skatepunk lokal. Mending sekarang kita nikmatin lagu-lagu keren dari skate punk yuk! 




  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar