Skateboard Sejarah Singkat dan Perkembangannya di Indonesia

Skateboard Sejarah Singkat dan Perkembangannya di Indonesia

Skateboard merupakan salah satu olahraga yang tergolong ekstrim, olahraga ini memadukan antara papan seluncur dengan roda. Panggilan akrab untuk olahraga ini adalah skateboard, olahraga ini banyak digemari oleh para remaja termasuk wanita.

img-1545901242.jpg

*Nora Vasconcellos


Di daerah California - Amerika Serikat, pada pertengahan tahun 1950an, Skateboard ditemukan yang tidak lepas dengan perkembangan surfing juga. Papan skate terbuat dari kayu dan diberi ban roller. Pada saat itu orang masih belum mengenal yang namanya ‘skateboard‘ tetapi ‘sidewalk surfing‘.

Frank Nasworthy yang berasal dari California mengawali permainan skateboard ini, sebenarnya ia mencari alternatif lain bermain surfing saat air laut tidak berombak. Pada saat itulah permainan skateboard pun dimainkan, dan papan pertama yang dibuat pun hampir sama dengan papan surfing, hanya saja ukurannya terlihat kecil dan diberi ban roller skate.

img-1545901465.jpg

*Frank Nasworthy


Lalu pada tahun 1970-an, Frank membuat ban skateboard dari bahan polyurethane atau yang biasa disebut dengan Cadillac. Dengan dibuatnya ban yang baru tersebut, membuat skateboard berkembang pesat. Saking berkembangnya, banyak juga perusahaan pabrik yang berada di California yang memodifikasi papan-papan skateboard. Masih dalam tahun yang sama, Frank pun mengembangkan dan merancang skateboard dengan bahan polyurethane.

Melihat skateboard semakin populer, peluang tersebut banyak dimanfaatkan perusahaan lokal yang saling berlomba-lomba untuk menjadikan lahan ini sebagai ladang bisnis mereka. Salah satu perusahaannya adalah Tracker Trucks yang berdiri pada tahun 1976. Perusahaan tersebut menghasilkan kualitas yang jauh lebih bagus dari yang sebelumnya sudah beredar di pasaran, nama Banana Board juga menjadi papan skate yang cukup populer pada masa itu.


Perkembangan Sejarah Skateboard Indonesia

Skateboard di tanah air masuk pada tahun 80-an. Informasi seputar skateboard sampai ke para skater di Indonesia dari video dan majalah skateboard luar negeri.

Mr. Craig Huddleston membuka toko yang menjual perlengkapan Surf, Skate, dan Street Apparel dengan nama City Surf pada tahun 1996. Di dalam toko tersebut banyak sekali pernak pernik peralatan surfing maupun skateboarding.

Pada waktu itu skateboard mulai diterima dan disukai oleh anak muda tanah air, akhirnya Mr. Craig selaku pemilik City Surf menyelenggarakan event kejuaraan skateboard lokal pada tahun 1998 di Jakarta. Event tersebut sukses menarik perhatian semua orang yang selanjutnya event-event kejuaraan skateboard mulai banyak diselenggarakan di Indonesia.

Hingga pada akhirnya skateboard Indonesia semakin berkembang sampai saat ini, Dari berbagai kota besar di Indonesia pun mulai bermunculan komunitas skateboard dan mampu melahirkan skater-skater handal. Salah satunya skater asal Indonesia Pevi Permana, yang sudah melanglang buana di kancah internasional dan sudah terkenal di Amerika, negara asal permainan skateboard ini. Pevi Permana berhasil menyumbangkan medali perunggu pada Asian Games 2018.


*Dari berbagai sumber




  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar